Desain Permodelan Grafik


Alhamdulillah pada kesempatan ini saya dapat menulis lagi, penulisan yang saya buat kali ini mengenai Desain Permodelan Grafik. Tema ini dibuat sekaligus untuk memenuhi tugas softskill saya. 
yang akan saya terangkan mengenai masalah Desain Permodelan grafis itu apa sih? trus bentuk pencitraannya seperti apa? kegiatan yang berkaitan dengan desain permodelan grafik itu apa aja? mungkin itu sedikit dari apa yang akan saya terangkan.
Desain permodelan Grafik merupakan suatu bentuk proses yang masih berkaitan erat dengan grafik komputer tentang penggambaran dari sebuah objek dimana objek tersebut dapat berupa angka, huruf, dan bentuk visual lainnya. Umumnya desain permodelan grafik itu digunakan untuk represntasi dan manipulasi data citra oleh komputer, dan mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten digital.
Untuk mendukung desain grafis ini telah banyak menggunakan perangkat perangkat lunak untuk mendukung komputer grafis. Dikategorikan menjadi 3, yaitu 2D, 3D, dan animasi grafis . Karena pesatnya perkembangan teknologi, kebanyakan digunakan adalah 3D. Namun tidak sedikit juga yang menggunakan 2D, oleh karena itu  komputer grafis telah muncul sebagai ilmu komputer untuk metode mensintesis digital dan memanipulasi konten digital.
Contoh penggunaan grafik 2D misalnya pada typhography, cartography, menggambar teknik, periklanan, dll. Sedangkan contoh objek 3D misalkan benda-benda yang ada di sekitar kita. Contoh lain yang paling sering menggunakan grafik 2D dan 3D adalah pembuatan animasi dan game


Tipe-Tipe Citra
citra merupakan hasil akhir dari sebuah desain visualisasin dll. Permodelan geometris transformasi dari sebuah konsep yang dapat ditampilkan pada komputer yaitu bentuk, posisi, orientasi, tekstur, ketebalan, jenis warna, dll.
a. Grafis Komputer 2D
Dalam pembuatan grafis komputer 2D ini, objek yang dihasilkan adalah berupa garis yang menghubungkan titik satu dengan titik yang lainnya, contohnya bangun datar segitiga, persegi, dll. Fungsi grafis 2D ini biasanya digunakan untuk mencetak dan menggambar.
b. Pixel art
Pixel art ini merupakan bentuk seni digital yang dibuat dengan software grafik faster. pixel art ini bisa ditemukan pada game yang relatif tua, dan pada handphone.
c. Vector Graphic
Berbeda dengan pixel, vector graphics adalah representasi dari gambar berupa array pixel yang memiliki kelebihan dimana saat gambar di zoom, tetapi gambar yang dihasilkan tidak blur.
d. Graphic Komputer 3D
Tipe ini menggunakan 3 buah titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tampak secara menyeluruh dan nyata atau bisa juga dimulai dari 2 buah titik yang ditarik lurus sehingga membentuk sebuah garis barupa 2D, lalu dgabungkan dengan garis 2D lainnya bisa membentuk bentuk 3D. Untuk software yang digunakan banyak bergantung pada algoritma yang digunakan.


Ada beberapa kegiatan yang berkaitan dengan desain permodelan grafik, berikut adalah beberapa diantaranya :
1.  permodelan grafis digunakan untuk menciptakan model matematika dengan objek-objek 2D dan 3D.
2. rendering adalah proses menciptakan citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. dan animasi, merupakan proses menetapkan atau menampilkan kembali tingkah laku objek bergantung waktu.

Hardware untuk membuat ini bisa menggunakan :
Hardware Display Grafik : Vektor
1.Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
2.Arsitektur Vektor
Hardware Display Grafik : Raster
1.Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam
layar dan laser printer
2.Arsitektur Raster

referensi : myblogisland.blogspot.com/ , http://g2hcombro.wordpress.com/2010/02/27/artikel-desain-pemodelan-grafik/ , http://safemode.web.id/content/pengertian-konsep-dan-tool-pendukung-grafik-komputer ,

0 Response to Desain Permodelan Grafik